Tingkatkan Kompetensi, Prokopim Kabupaten Gresik Gelar Bimbingan Teknis Keprotokolan dan Komunikasi Pimpinan.
Gresik, 15 November 2024 – Di tengah dinamika birokrasi yang semakin kompleks, peningkatan kompetensi menjadi keharusan bagi setiap elemen di dalamnya. Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penguasaan pengetahuan terkini, khususnya di bidang keprotokolan dan komunikasi kepemimpinan.
Berangkat dari kebutuhan ini, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik pelaksanaan bimbingan teknis terkait keprotokolan dan komunikasi pimpinan, Jum'at (15/11).
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Gresik Aminatun Habibah, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, serta dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Gresik Nuri Mardiana, Kadiskominfo Kabupaten Gresik Ninik Asrukin, dan pejabat terkait dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Dalam sambutannya, Plt Bupati Gresik menekankan pentingnya peran keprotokolan dan komunikasi pimpinan dalam mendukung citra positif pemerintah.
"Protokol bukan sekadar aturan formalitas, tetapi bagian dari strategi membangun kepercayaan publik. Bimbingan teknis ini diharapkan meningkatkan kompetensi staf dalam menyelenggarakan acara yang baik, komunikasi yang efektif, dan layanan yang optimal," ujar Plt Bupati.
Kegiatan bimbingan teknis ini menghadirkan narasumber dari Biro Administrasi Pimpinan Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta kalangan profesional yang ahli di bidang komunikasi strategis. Para narasumber memberikan materi mendalam seputar prosedur protokoler, foto jurnalisme, hingga teknik komunikasi publik yang efektif di lingkungan pemerintahan.
“Para peserta tidak hanya belajar teori, tetapi juga melakukan simulasi langsung, sehingga mereka bisa memahami aplikasi tugas protokoler dan komunikasi pimpinan dengan lebih baik,” ujar Imam Basuki, Kepala Bagian Prokopim Kabupaten Gresik.
Yang istimewa, kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan dari masing-masing OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik. Hal ini sengaja dilakukan agar setiap OPD memiliki pemahaman dasar tentang tugas-tugas keprotokolan dan komunikasi pimpinan.
“Dengan melibatkan perwakilan OPD, kami berharap pengetahuan keprotokolan dan komunikasi kepemimpinan tidak hanya menjadi tanggung jawab Prokopim semata, tetapi dapat diterapkan di semua OPD sesuai kebutuhan,” tambah Imam Basuki.
Pada kesempatan yang sama, Sekda Washil juga memberikan paparan terkait pedoman pelaksanaan keprotokoleran dan komunikasi pimpinan. Ditegaskan pula bahwa, keterampilan keprotokolan bukan hanya tanggung jawab staf protokol, tetapi penting bagi semua instansi untuk mendukung kelancaran tugas pimpinan dan pelayanan publik.
“Setiap OPD perlu memahami peran dan standar protokoler, sehingga koordinasi antar unit semakin baik dan setiap acara resmi Pemerintah Kabupaten Gresik berjalan sesuai prosedur,” ujarnya.
Bimbingan teknis ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan setelah hiatus beberapa waktu, dengan komitmen kuat untuk menciptakan SDM yang kompeten dan profesional. Bagian Prokopim Gresik berharap, kegiatan ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan sinergi antara Prokopim dan OPD-OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gresik.
0 Comments